Minggu, 05 Mei 2013

Cara menambahkan material di 3d max

tips dan trik 3ds max , Cara Membuat material v ray pada 3ds max 2012

               Cara Membuat Material v ray pada 3ds max 2012 , Tips dan trik 3ds max . Saya mengangkat judul ini karena kadang kala saya juga lupa berapa parameter untuk membuat material 3ds max. Jadi kali ini untuk save dan share saya ingin menyimpannya di blog ini tentang cara membuat material dan semoga juga bisa bermanfaat bagi kawan. dulu pernah saya menulis artikel cara membuat material cermin pada 3ds max vray
                Oke biar gak kelamaan ngetiknya langsung saja ke TKP. yuk... mari...

Untuk membuat material pada 3ds max , yang pertama kawan buka dulu program 3d maxnya , yang pasti harus sudah diinstal plug in vray nya. kalo belum instal dulu ya.. kalo sudah kawan buat object untuk dan pisahkan layernya, misal, layer dinding. layer lantai dan layer plavond dst. bisa kawan buat di outocad lalu di import ke 3ds max atau kawan bisa langsung membuatnya pada 3d max . Layer yang saya gunakan seperti ini : 
      Kalo untuk desainnya terserah kawan mau yang kaya apa. kali ini sambil ngerjain tugas saya buat model minimalis. saya buat pake autocad 2007 , Nah kira - kira jadinya seperti gambar di bawah ini :
kalo sudah jadi kawan save format dwg, lalu kawan import ke 3ds max ,klik import lalu pilih file yang tadi disimpan , 3ds max yang saya pake 3ds max 2012. kalo di 3ds max 2012 untuk membuat material bisa pake slate material editor atau pake yang model sebelumnya compact material editor. tinggal kawan terbiasa pake yang mana.


compact material editor
slate material editor





     Ok .. lanjutkan ya.. setelah di import ke 3ds max, baru mulai nih edit edit biar jadinya lebih hidup.
untuk memberi material pada 3ds max kawan buka material editornya . klik rendering pilih material editor , lalu pilih compact atau slate ( lebih enaknya ketik m pada keyboard ). kalo baru di import warnanya masih seperti warna layer autocad. 

oke kita mulai mewarnai... kaya anak tk dulu.. hehehe.. 
  •  Membuat material lantai . 
1. buka material editor klik yang diberi angka 1 ganti nama material yang diberi angka 2 klik standart yang di beri angka 3 buka yang diberi angka 4 pilih v ray material yang diberi angka 5. gambarnya di bawah ini. 


2. Ubah parameternya , turunkan nilai reflect ( angka 1 ) dengan (angka 3 ) , lalu ganti nilai refl. glossines nya menjadi 0.95 atau sedikit dibawahnya biar masih tetep ada efek mengkilap. kalo sudah ganti diffuse    (nomer 4) dengan gambar bitmap ( pilih motif lantai , misal motif keramik atau marmer atau parket ).

3. ganti diffuse dengan gambar bitmap ( texture ) , klik yang diberi nomer 4 pada gambar diatas. nanti akan keluar seperti ini ,

selanjutnya double klik btmap atau klik bitmap lalu ok.buka folder dimana motif material disimpan, lalu pilih motif yang mau dipake , kalo belum ada download atau scan sendiri motifnya. 
Pilih motifnya lalu klik open.
4. Untuk memasang material lantai yang sudah dibuat , hidupkan layer lantai ( klik nomer 1 ) , lalu pastikan layer yang hidup layer lantai ( nomer 2 ) , setelah itu aplikasikan material ke gambar klik assign material to selection ( nomer 3 ) lalu klik show shaded material in viewport ( nomer 4 ). gambarnya dibawah ini :

  
selesai deh .... lantai yang masih polos sudah terpasang, untuk membuat lebih detail kawan bisa menambahkan list lantai dengan mengubah parameter pada maps ubah nilai bump , ganti none dengan tile. ubah parameter tile naikkan nilai tilling nya, buka advanced control , ubah parameter tiles setup  ganti dengan texture dan pada gruot setup kecilkan nilai horizontal gap dan vertikal gap agar list lantai menjadi lebih kecil dan tampak seperti aslinya.

    Untuk membuat material kayu langkah 1 sampai 4 sama hanya saja textur / motif yang dipake diganti motif kayu. untuk membuat efek mengkilap atau finishing metalic tinggal kurangin sedikit nilai refl. glossines pada langkah ke dua menjadi 0.8 atau dibawahnya . untuk membuat efek dof , hidupkan hilight glossines pada reflection dan turunkan nilainnya sampai dibawah refl. glossines. dan hidupkan fresnel reflection naikkan nilai fresnel IOR menjadi 4 atau kawan bisa coba angka yang lain. dan pada reflect interpolation kawan bisa ganti nilai minimum rate dengan -2 dan maximum rate dengan 0. atau kawan bisa coba - coba sendiri sampai dapet setingan yang ps dan maknyus.

   Untuk membuat material kaca bening atau kaca sandblat atau kaca cermin klik disini untuk langkah 1 sama , langkah ke dua nilai reflect pada reflecion nya turunin sedikit saja , nilai refract pada refraction nya turunin sampai hampir habis. jangan sampai habis karna nanti efek dari kaca bening malah tidak kelihatan dan ubah nilai diffuse nya menjadi warna kaca sekitar hijau tipis. Untuk kaca sandblast refract nya turunin sampai separo. diffusnya ganti warna kaca sandblas. untuk membuat kaca es buka maps , ganti vray material ( vray mtl ) pada langkah pertama dengan vraymtlwrapper, ganti nilai reflect dan refract seperti pada kaca bening. untuk membuat kaca bening bermotif , tambahkan textur , prosesnya seperti langkah ke 3.

Untuk membuat material kain langkah satu sama. hanya saja parameter yang dirubah hanya menambahkan texture pada diffuse.

kalo untuk membuat material lampu  klik disini ya 
kalo untuk membuat karpet klik disini ya

 Gambarnya baru sampai seperti ini setelah diberi texture ,


 nanti deh kalo sudah ada waktu lagi kita terusin ,, jadi Bersambung deh... Terima kasih ya sampai disini dulu untuk tips dan trik 3dsmax , cara membuat material v ray pada 3ds max .

|

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular post

Sponsors : Best Google Covers | Desktop Wallpaperslk | PSD Graphics
Copyright © 2012. Ahlinya Multimedia - All Rights Reserved
Template Design by Cool Blogger Tutorials | Published by Templates Doctor
Powered by Blogger